halo halo halo

Minggu, 20 Maret 2011

interaksi udara-laut : "Fenomena Upwelling"

Indonesia merupakan Negara maritime yang kaya akan sumber daya alamnya terutama dari laut. Sampai saat ini banyak hal yang masih harus dipelajari dari laut kita, baik itu kandungannya, prosesnya atupun lainnya. Ada banyak proses dilautan yang melibatkan interaksi udara-laut, Salah satu hal yang sampai saat ini masih jadi bahan perbincangan yang hangat adalah masalah “Upwelling”.
Sebagai permulaan, berikut contoh upwelling yang terjadi di Indonesia
          di Lampung pada tahun 1991, telah terjadi kerugian sekitar Rp 3,5 miliar akibat kematian massal udang windu yang siap panen. Matinya kerang-kerang mutiara di loka budidaya Dobo, Maluku Tenggara, dan kematian ikan sardine di sepanjang Pantai Kuta, Bali pada tahun 1995, serta kematian massal ikan di perairan Waigeo, Sorong pada tahun 1996 merupakan beberapa kejadian yang diakibatkan oleh red tide. Red tide merupakan salah satu dampak negatif akibat fenomena upwelling.
Lau sebenaranya Apa itu upwelling, bagaimana proses upwelling itu terjadi, juga hal-hal lain yang berkaitan dengan masalah upwelling  akan kita bahas disini
          Upwelling adalah pembalikan massa air laut atau naiknya massa air laut yang disebabkan oleh perbedaan temperature, yaitu temperature laut bagian bawah lebih dingin dibandingkan dengan bagian atasnya. Temperature bagian bawah laut lebih dingin, karena lapisan itu belum berhubungan dengan atmosfer. Akibat temperatur permukaan laut yang dingin ini dapat mengubah iklim lokal juga. 

Ada beberapa tipe upwelling, yaitu:
          Coastal upwelling terjadi ketika lapisan bawah air laut menggantikan lapisan atas. Gesekan angin yang berhembus pada permukaan laut dipengaruhi oleh efek Coriolis yang membelokkannya ke kanan (di belahan bumi utara), dan transport Ekman menggerakkannya ke arah laut. Akibatnya terjadi pergerakan air disepanjang pantai.
          Equatorial upwelling terjadi akibat adnya angin dan perubahan arah pada efek coriolis pada bidang equator
          Southern ocean upwelling terjadi dipengaruhi oleh angin yang kuat dari barat dan timur yang bertiup mengelilingi Antartika, akibatnya terjadi perubahan yang signifikan terhadap aliran massa air yang menuju ke utara.
Tipe upwelling lainnya adalah Tropical cyclone upwelling, Artificial Upwelling, Non-oceanic upwelling

  

          Umumnya zat hara yang terkandung pada air laut seperti fosfat, nitrat, dan silikat berada dibawah, namun dengan terjadinya proses upwelling ini maka zat hara akan naik ke bagian atas. Meski arus yang dibawa upwelling mengandung sedikit oksigen, namun nutrisi seperti nitrat ataupun nitrit tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya fitoplankton yang melimpah. Seperti yang kita ketahui, fitoplankton merupakan produsen utama pada rantai makanan dilaut.
          Jika proses upwelling berjalan dengan baik, dan didukung oleh dangkalnya lapisan termoklin, maka daerah yang mengalami upwelling akan membantu menyediakan nutrien dengan konsentrasi tinggi sehingga pertumbuhan organisme laut pun akan melimpah dan hal ini mungkin bisa dimanfaatkan oleh para nelayan.
          Namun, fenomena upwelling juga memberikan dampak yang negatif karena kebanyakan ikan laut dan invertebrate memproduksi larva mikrokopis dan larva-larva tersebut melayang bersama untuk beberapa waktu tertentu. Kemudian larva yang telah tumbuh dewasa kebanyakan hidup pada daerah pantai, kemudian akan terbawa arus akibat proses  upwelling ini. Sehingga upwelling bisa mengakibatkan larva sebagai ekosistem pantai jauh dari habitat aslinya.
          Fenomena upwelling ini tidak terjadi terus menerus, melainkan akan terjadi apabila angin berembus terus-menerus di sepanjang pantai. Upwelling terjadi pada arus permukaan laut, dan arus itu bergerak tidak hanya secara horizontal namun karna berbagai faktor dapat juga bergerak secara Vertikal. Fenomena upwelling dipantau oleh satelit yang bernama NOAA.
Menurut waktunya, upwelling bisa dikelompokan kedalam 3 jenis yaitu:
1. Jenis Tetap (Stationery-type)
Terjadi sepanjang tahun meskipun intensitasnya berubah. contohnya yang terjadi di pantai Peru.
2. Jenis Berkala (Periodic-type)
Terjadi hanya semusim saja. Contohnya di selatan pulau jawa.
3. Jenis Silih berganti
Terjadi secar bergantian dengan peristiwa sinking (penenggelaman massa air / lawan dari peristiwa upwelling). contoh di laut arafuru
          Selain fenomena upwelling ini, masih banyak fenomena-fenomena yang terjadi di laut yang menarik dan patut kita kaji. Guna sebagai pengetahuan dasar untuk mempelajari secara mendalam tentang laut.

 sumber :

22 komentar:

  1. iwiiii numpang komenn
    Red tide merupakan salah satu dampak negatif akibat fenomena upwelling.knp bisa ya/??
    bukannya upweling malah bawa zat unsur hara??apa karena justru zat hara itu yang bikin blooming?

    BalasHapus
  2. Jenis Tetap (Stationery-type)
    Terjadi sepanjang tahun meskipun intensitasnya berubah.

    mau nanya, jika upwelling terjadi terus menerus seperti di Peru itu dampaknya akan lebih ke negatif atau positif bagi perairan disitu ?

    BalasHapus
  3. mencoba menjawab pertanyaan yuda,
    Pengayaan hara (nutrient enrichment) akibat upwelling juga dapat memicu terjadinya red tide, akibat terjadinya biakan massal populasi fitoplankton tertentu dengan jumlah puluhan juta sel per liter air.
    Secara normatif red tide dapat terjadi karena adanya sumbangan hara dari daratan yang sangat tinggi, perubahan cuaca (El Nino, La Nina?), hujan yang berlebihan, atau kurangnya zooplankton (kopepoda) herbivora yang mengontrol populasi fitoplankton penyebab red tide.
    Peristiwa red tide menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan dan sumber daya ikan di perairan alami, tambak, serta menghilangnya ikan-ikan dari lokasi penangkapan. Munculnya jenis-jenis plankton red tide akan menimbulkan kematian massal biota laut akibat pengurasan oksigen (anoxious), merusak dan mengganggu sistem pernapasan ikan, dan meracuni lingkungan perairan dan biota laut lainnya.

    BalasHapus
  4. koment punya saya donk....

    jgn yg susah2 ya???

    BalasHapus
  5. wi, bisa jelasin gak gimana hubungan antara terjadinya upwelling dengan penyebaran biota biota laut kaya ikan?

    BalasHapus
  6. wi, bisa jelasin ga? iwi blg kan upwelling ini tidak terjadi terus menerus, melainkan akan terjadi apabila angin berembus terus-menerus di sepanjang pantai. nah bukannya yg saya tahu yg namanya sirkulasi bawah laut itu tidak dipengaruhi oleh angin ya? makasih

    BalasHapus
  7. upwelling itu memang bisa berdampak positif dan negatif tetapi bila terlalu sering terjadi upwelling dampak negatifnya yang lebih terasa...

    BalasHapus
  8. pengelompokan jenis upwelling menjadi 3 bagian sangatlah informatif , awalnya saya fikir terjadinya upwelling itu hanya terjadi di tempat tertentu dan sesekali saja .

    BalasHapus
  9. apakah upweeling sangat erat kaitannya dengan fenomena el nino dan la nina?atau global warmning??
    Terimakasih diwi...:D

    BalasHapus
  10. yudha : nah.. itu dia yudha, ternyta selain berdampak positif' unsur zat hara yang berlimpah akibat upwelling itu ada sisi negatifnya,, dengan banyaknya unsur hara, maka akan berlimpah pula fitoplankton(produsen utama laut).. padahal ada beberapa jenis fitoplankton yang jika terjadi blooming malah akan menyebabkan red tide

    ridho: (*sya spendapat sama siska, jika efek negati atau efek positif berjalan berdampingan, biasanya yang lebih terasa lebih ke efek negatifnya,, seperti dikutip:
    "Pertama kali upwelling disadari oleh nelayan Peru, pada saat, terjadi kenaikan suhu muka laut yang abnormal di daerah sekitar Ekuador sampai ke Perairan Peru"

    hany: jawabannya masih berhubungan sm prtnyaan yudha, tp mungkin hany nanya'y bagian efek positif,, biasanya di laut yang upwellingnya sangat tinggi, akan diikuti oleh keanekaragaman organisme juga,, salah satunya ikan, karena di daerah yang upwellingnya tinggi, akan berlimpahan fitoplankton (*jika dilihat dari sisi positif

    ikhsan : hm.. menurt yang saya baca, ketika angin bergerak terus menerus disepanjang pantai, maka akan diikuti oleh gerakan air (arus) yang mengakibatkan terjadinya kekosongan pada lapisan bawah dan perbedaan temperatur bagian bawah dan bagian atas permukaan laut,,

    maaf, kalo jawaban saya salah atau kurang memuaskan,,

    BalasHapus
  11. wahyu: klo mnurut saya, dalam proses terjadinya.. akan berhubungan sm el nino,, seperti dikutif:
    "Upwelling yang sedianya dapat menambah jumlah nutrien pada suatu perairan dan menjadi daerah berkumpulnya organisme laut, tidak berlaku lagi karena efektifitasnya berkurang akibat adanya El Nino"

    BalasHapus
  12. muhammad syafiq gumilang - 230210090007

    "Jika proses upwelling berjalan dengan baik, dan didukung oleh dangkalnya lapisan termoklin, maka daerah yang mengalami upwelling akan membantu menyediakan nutrien dengan konsentrasi tinggi sehingga pertumbuhan organisme laut pun akan melimpah dan hal ini mungkin bisa dimanfaatkan oleh para nelayan."

    oh jadi bisa ya meningkatkan pertumbuhan organisme?

    BalasHapus
  13. syafiq : iya syafiq, klo dlihat dr sisi positifnya
    kn akibat upwelling, zat unsur hari dari bagiab bawah akan terbawa kebagian atas permukaaan.. sehinnga akan berlimpah fitoplankton yg hidup, akibatnya pada organisme laut juga.. karena fitoplankton kan sebagai produsen utama laut..

    BalasHapus
  14. sedikit bertanya....
    gmana sih pergerakan upwelling itu?apa bergerak cepat atau lambat?jelaskan?

    BalasHapus
  15. Iwi, apakah di kutub terjadi upwelling?

    jika iya, apakah ketika proses upwelling terjadi, bongkahan2 es yang ada juga ikut bergerak ke bawah? trims :)

    BalasHapus
  16. asep : mnurut saya.. upwelling itu pergerakannya tidak bisa dikatan termasuk cepat, pergerakan upwelling berlangsung scra periodik,, semuanya juga butuh proses..

    BalasHapus
  17. Salam kenal

    senang sekali saya bisa menemukan forum yang membahas ttg Upwelling, Saya jurusan Kelautan 2007 dan Tugas Akhir saya ttg Upwelling di perairan Cilacap...

    Dari pengetahuan kawan2 semua bagaimana fenomena upwelling yang terjadi di selatan jawa saat ini dan mungkin teman2 semua yg memiliki pengetahuan update atau jurnal yg berhubungan ttg upwelling ...mohon bantuannya...
    trimakasih...

    via e-mail arjunalaut@yahoo.com
    or FB Ragha Anugerah Putra

    BalasHapus
  18. oh y, saya penasaran red tide itu sama seperti blooming alga tidak?
    klu berbeda...perbedaannya seperti apa? trimakasih...

    BalasHapus
  19. as barukan aya blog na, nuhun ah butuh materina butuh copas nya

    BalasHapus
  20. mau nanya apakah jika terjadi upwelling di suatu daerah terjadi juga downwelling di daerah lain?

    BalasHapus
  21. How to get to MGM Grand by Bus, From Car to Casino
    Directions to MGM Grand (MGM) with public transportation. The 전주 출장샵 following transit lines have routes that pass near MGM Grand The following transit lines have routes that pass near MGM Grand (MGM): North CenterCirca Bus: West Center Bus Line: West Center 원주 출장안마 Bus Line: South Center 포천 출장안마 Bus 김제 출장마사지 Line: West Center Bus Line: 평택 출장안마 West Center Bus Line: West Center Bus Line:

    BalasHapus